RAKIT PC GAMING BUDGET 5 JUTAAN

adsense 336x280

TIPS MERAKIT PC GAMING BUDGET 5 JUTAAN

           Salah seorang rekan kerja sekantor bertanya kepada saya tentang tips merakit sebuah komputer dengan budget Rp 5.000.000,- rupiah. 
Makanya dari itu saya ingin berbagi tips buat kalian semua pengunjung napedia, oke tidak usah panjang lebar lagi langsung aja saya share tipsnya ;
  1. Memilih VGA
  2. Memilih Optical Drive
  3. Memilih PSU & CASING (Bundling)
  4. Memilih CPU
  5. Memilih Memory Ram
  6. Memilih Harddisk
  7. Memilih Mouse & Keyboard
  8. Memilih Accesoris Lainya
  • VGA Card

      Pilihan termurah untuk kartu grafis yg bersenjatakan GPU ini adalah VGA Card merk Zotac GTX 750 Ti 2GB DDR5 NVidia PCI Express yg harganya Rp 1.579.000,-. Itu berarti dana untuk membeli monitor dan VGA Card sudah tersedot sebanyak Rp 2.559.000,-, sehingga menyisakanbudget sebesar Rp 2.441.000,- untuk membeliparts lainnya seperti CPU, Motherboard, RAM, PSU, HDD, dan Optical Drive
   Tidak salah jika ia memilih kartu grafis ini, karena sejak pertama kali diperkenalkan pada tanggal 15 Februari 2014, GPU GTX 750Ti ini langsung menduduki peringkat pertama daftar Price Performancedari semua kartu grafis yg pernah diuji benchmark oleh situs Passmark Software di http://www.videocardbenchmark.net sebagaimana terlihat dari screenshot di bawah. Semakin tinggi nilai mencerminkan semakin tinggi value dari kinerja kartu grafis tersebut untuk setiap rupiah yg dibayarkan (harga berbanding kinerja). 
       Kinerjanya bisa dibilang sangat bagus untuk sebuah kartu grafis kelas menengah. Walaupun belum sanggup untuk memenuhi kebutuhan extreme gaming full HD dengan setting Very High atau Ultra, tapi di settings medium pada resolusi Full HD (1920x1080p), kartu grafis ini sanggup memperoleh rataan frame per second diatas 30 fps untuk game-game semacam Hitman Absolution, Assassins Creed IV Black Flag, Battlefield 4, Crysis 3, CoD: Ghosts, Metro: Last Light, Far Cry 3, Sleeping Dogs, dan lain-lain, sebagaimana dapat dilihat pada keterangan gambar berikut. 

      Dengan demikian, wajar saja bila GPU ini didapuk sebagai pengolah grafis paling worth it yg performanya paling sesuai dengan harga yg dibayarkan. 

  • Optical Drive
        Untuk Optical Drive, yg termurah adalah Samsung DVDRW SATA OEM Internal seharga Rp 158.000,-. 
Dari segi kualitas, semua orang tahu bahwa merk Samsung tengah naik daun dalam hal citra sebagai salah satu perusahaan produsen elektronik terbesar saat ini dan pamor mentereng itu juga didapat dari kualitas produk yg mereka rilis, selain dari terobosan di bidang teknologi yg cukup agresif. 
 

  • PSU dan Casing (Bundling)
     Mengapa yg kita pilih terlebih dulu adalah Optical Drive, Casing, dan Power Supply Unit? Jawabannya adalah karena parts-parts inilah dimana kita bisa melakukan penghematan. 
     Optical Drive, PSU, dan Casing bukanlah partspenentu yg mempengaruhi performa atau kinerja dari PC yg akan Anda rakit, tetapi PSU tetap menjadi sebuah bagian penting karena ia bagaikan PLN bagi komputer Anda.        Saya sebelumnya telah menghitung daya listrik (wattage) yg dibutuhkan komputer rakitan apabila disusun menggunakan parts sebagaimana berikut: 


  • Motherboard jenis Desktop
  • CPU Intel Socket LGA 1150 Intel Core i3-4150 3500MHz Haswell DT
  • 2 buah stick RAM 2GB DDR 3 Module
  • Video Cards NVidia GTX 750 Ti
  • 1 buah media penyimpan data HDD SATA 7200RPM
  • 1 DVD R/W Drive
  • 4x perangkat USB 2.0 / 3.0
  • keyboard standar
  • mouse standar
  • 4 buah kipas pendingin

       Dan hasilnya adalah PC tersebut akan membutuhkan kapasitas daya listrik dari PSU kira-kira sebesar 303 sampai 325 watt. Dengan demikian, sebuah PSU berkapasitas 400watt saya rasa sudah cukup untuk meng-handle kebutuhan daya PC rakitan kita ini. 
       Tanpa ragu-ragu saya langsung memilih casing berjenis mid-tower dengan merk Ace Power VITA with PSU 400W Black yg harganya paling murah, yaitu hanya Rp 325.000,- sudah termasuk bundlingdengan PSU kapasitas 400 watt. Secara kualitas memang ini kurang, tapi berbekal semangat penghematan budget, pilihan ini adalah yg terbaik demi mendapat CPU yg bagus nantinya. Toh juga suatu saat nanti ketika terkumpul uang lebih, masih bisa di-upgrade dengan yg lebih bagus lagi. 
  • CPU alias Central Processing Unit

      Akhirnya setelah menghitung budget sementara yg sudah terpakai Rp 3.042.000,- untuk membeli komponen PC diatas, maka saya memberanikan diri untuk langsung saja memilih CPU atau procie

      Saya pilihkan dari seri Intel Socket LGA 1150, alasannya selain karena ini adalah soket yg umurnya relatif baru, sehingga peluang upgrade masih terbuka lebar 4 hingga 5 tahun mendatang. Kemudian socketLGA 1150 juga menghadirkan penghematan dari sisi konsumsi daya listrik dimana biasanya seri prociedari socket ini sangat rendah konsumsi TDPnya. 
     Maka dengan alasan itu, saya memilih Intel Core i3-4160 Tray + Fan (3.6GHz, C3MB, Haswell Series) Intel LGA 1150 untuk dipasangkan dengan NVidia GeForce GTX 750Ti. Selain karena performa Intel Core i3-4160 yg cukup baik, ini juga perlu untuk memperhitungkan agar tidak terjadi bottleneck, mengingat kecepatan GPU GTX 750 Ti jangan sampai tidak bisa diimbangi oleh clockspeed processor
    Harganya juga relatif tidak terlalu mahal, hanya Rp 1.612.000,-. Walaupun demikian, dari sini saya sudah tahu bahwa budget akan tembus lebih dari 5 juta, walaupun tidak akan sampai melewati 7 juta (diatas 5 dibawah 7).  

  • Motherboard
pilihan di bawah: 
  • Biostar H81MLC intel Socket 1150
Rp 672.000,- Ulasan menyusul. 
  • RAM
DDR3 1600MHz: 
  • Corsair CML4GX3M2A1600C9 (2x2Gb) Vengeance Black PC12800 4GB DDR3
Review menyusul. Rp540.000,- 
 Simulasi Rakitan
Sekian dari saya tips merakit PC Gaming kurang lebih 5 Jutaan. semoga artikel ini bermanfaat.



adsense 336x280

0 Response to "RAKIT PC GAMING BUDGET 5 JUTAAN"

Post a Comment